Berita

  • Home
  • Berita
  • PELATIHAN PENINGKATAN PROGRAM APLIKASI SIMLITABMAS
PELATIHAN PENINGKATAN PROGRAM APLIKASI SIMLITABMAS

Kebijakan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan untuk mendesentralisasikan pembiayaan penelitian merupakan konsekuensi logis dari kebijakan strategis untuk mencapai tujuan pertama, yaitu terbangunnya sistem Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan ini langkah pertama adalah mereposisi dan mereformasi struktur dan fungsi Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan reformasi secara sistematis dan terprogram terhadap struktur dan fungsinya sebagai pengelola sektor pendidikan tinggi di tingkat nasional. Struktur dan fungsi yang ada saat ini perlu diselaraskan dengan misi Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan yang lebih diposisikan sebagai fasilitator, penguat, dan pemberdaya dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Fungsi regulator lebih ditekankan pada perlindungan bagi masyarakat dan kepentingan bangsa melalui tindakan korektif dalam batas dan kewenangan sesuai dengan prinsip otonomi perguruan tinggi.

Dalam menjalankan peran tersebut, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan berupaya mewujudkan keunggulan penelitian pada perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Namun, mengingat beragamnya format struktur data penelitian di perguruan tinggi, maka fungsi Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan sebagai fasilitator, penguat, dan pemberdaya perlu dituangkan dalam bentuk sebuah sistem aplikasi yang terintegrasi, sehingga antara data penelitian peguruan tinggi dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat merupakan satu data yang sama. Sistem Aplikasi penelitian perguruan tinggi yang dibangun meliputi pengusulan proposal, perencanaan, pembiayaan, luaran, kinerja, monitoring-evaluasi dan laporan akhir.

 

Dalam rangka peningkatan dan pemahaman tentang program aplikasi SIMLITABMAS Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan secara on-line, dan penyiapan perguruan tinggi (PTN dan PTS) dalam menggunakan aplikasi tersebut, maka Ditlitabmas Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan perlu melaksanakan Pelatihan Program Aplikasi SIMLITABMAS bagi Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia.

A. Tujuan Pelatihan Program Aplikasi Simlitabmas

Tujuan Pelatihan Program Aplikasi SIMLITABMAS adalah

  1. Memberikan informasi dan pemahaman tentang program aplikasi penelitian (SIMLITABMAS) di perguruan tinggi;

  2. Penjelasan tentang penggunaan Program Aplikasi SIMLITABMAS yang akan digunakan di perguruan tinggi;

  3. Praktik penggunaan Program Aplikasi SIMLITABMAS tentang bagaimana proses mulai dari pengajuan proposal sampai pelaporan akhir bagi perguruan tinggi;

  4. Saling tukar informasi, diskusi dalam rangka memperkaya dan memperluas wawasan pengembangan program aplikasi SIMLITABMAS.

B. Manfaat

  1. Meningkatnya pemahaman dan kesiapan Perguruan Tinggi untuk menggunakan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABMAS).

  2. Tersosialisasinya Program Aplikasi SIMLITABMAS secara optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

C. PELAKSANA KEGIATAN

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABMAS) dilaksanakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan.

C. MATERI KEGIATAN

Materi yang disajikan dalam Pelatihan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABMAS) meliputi:

NO

MATERI

NARASUMBER

1

Kebijakan Program Penelitian dan grand desain SIMLITABMAS

Ocky Karna Radjasa

2

Penjelasan Teknis penggunaan SIMLITABMAS di Perguruan Tinggi

Tim IT SIMLITABMAS

3

Praktik penggunaan  program Aplikasi SIMLITABMAS bagi Perguruan Tinggi

Tim IT SIMLITABMAS

D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan kegiatan Pelatihan Program Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABMAS) berlangsung  selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 24-25 Agustus 2015 bertempat Grand Aston City Hall Medan Hotel.